Gilang Leo Agusta, I Putu (2022) Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kemampuan Metakognitif Pada Materi Sistem Organ Manusia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031138_COVER.pdf Download (880kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031138_ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031138_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031138_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031138_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBASAHAN)
1811031138_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031138_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031138_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031138_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui prototype pengembangan media augmented reality untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sistem organ manusia kelas V sekolah dasar. (2) Untuk mengetahui hasil validasi pengembangan media augmented reality untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sistem organ manusia kelas V sekolah dasar. (3) Untuk mengetahui hasil uji kepraktisan pengembangan media augmented reality untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sistem organ manusia kelas V sekolah dasar. (4) Untuk mengetahui hasil uji efektifitas pengembangan media augmented reality untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sistem organ manusia kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Tingkat kevalidan aktivitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil penilaian dari para ahli. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas aktivitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil penyebaran kuesioner dan soal uraian kepada siswa. Skor yang diperoleh dari hasil penilaian ahli materi yaitu sebesar 4,85 dan skor yang diperoleh dari hasil penilaian ahli media yaitu sebesar 4,83 dengan kategori “Sangat Baik” yang dihitung dengan menggunakan rumus mean. Hasil penilaian dari siswa diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan mendapatkan rata-rata skor 4,77 dan 4,62 dari hasil respon dengan kategori “Sangat Baik”. Dari hasil uji manova, diperoleh signifikasi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “secara bersama-sama maupun terpisah, terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains dan kemampuan metakognitif antara hasil post-test dan pre-test siswa”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented reality, Literasi Sains, Kemampuan Metakognitif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Gilang Leo Agusta |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 07:08 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12894 |
Actions (login required)
View Item |