PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Nasfovi, Shelfy (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERPENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021009-COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021009-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021009-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada materi persamaan garis lurus sub bab gradien yang layak untuk pembelajaran matematika, (2) mengetahui proses pengembangan dan validitas video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning, (3) mengetahui keefektivan dari penggunaan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning di SMP Negeri 10 Semarang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang yang berjumlah 28 orang. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk media video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi mata pelajaran sebesar 93,80% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 93,33% (sangat baik) dan ahli media pembelajaran sebesar 97,33% (sangat baik) serta respon angket peserta didik, yakni uji coba perorangan sebesar 90,42% (sangat baik), kelompok kecil sebesar 90,42% (sangat baik), dan lapangan sebesar 85,13% (baik), (2) produk media video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pre-test sebesar 55,7% (kurang), dan post-test sebesar 88,9 (baik) dan dilakukan perhitungan dengan uji-t memperoleh hasil pada kolom signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa besar signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p>0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dengan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran interaktif, problem based learning (PBL), matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Shelfy Nasfovi
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:32
Last Modified: 03 Oct 2022 05:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item View Item