PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING RASIONAL EMOTIF BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK MINDFULNESS (MEDITASI RUQIAH) UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK MULIA SISWA DI PONDOK PESANTREN

Ilahi, Ach. Firman (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING RASIONAL EMOTIF BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK MINDFULNESS (MEDITASI RUQIAH) UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK MULIA SISWA DI PONDOK PESANTREN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029111001-Cover.pdf

Download (684kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029111001-abstrak.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029111001-BAB 1.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029111001-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029111001-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029111001-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029111001-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029111001-Daftar Pustaka.pdf

Download (488kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029111001-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan buku Bimbingan Konseling dengan teknik mindfulness (meditasi Ruqyah) untuk meningkatkan akhlak mulia siswa di pondok pesantren serta untuk mengetahui keefektifannya dalam penerapan. Penelitian ini menggunakan metode research and development menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, disseminate) oleh Thiagarajan (1974). Penilai adalah lima orang ahli bimbingan konseling islam dan praktisi ruqyah serta guru bimbingan konseling sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan 18 kuesioner yang mengacu terhadap keterterimaan buku panduan ini. Kemudian selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan validitas rater dengan 5 kriteria dengan hasil validitas 0,94 yang menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Sehingga buku panduan ini telah memenuhi kriteria terhadap keterterimaan dalam penggunaan pada layanan bimbingan konseling di sekolah.selanjutnya untuk menguji efektifitasnya dilakukan pengujian terhadap siswa di sekolah dan melibatkan 14 siswa di dalamnya dengan menggunakan one group pre-test dan post-test. Nah pada uji efektifitas ini menggunakan rumus penghitungan N-Gain score dengan hasil rentan 0,3≥ g ≤0,7 dengan skor 0,65 yang memiliki tingkat efektivitas yang cukup. Sehingga buku panduan ini cukup efektif untuk meningkatkan akhlak mulia siswa di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Konseling Rasional Emotif Behaviour, Akhlak Mulia.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Ach. Firman Ilahi
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:52
Last Modified: 10 Oct 2022 00:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item