PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI ORGAN PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA MUATAN IPA BERBASIS KASUS UNTUK SISWA KELAS V SD

Landina, Ida Ayu Putu Laksmi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI ORGAN PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA MUATAN IPA BERBASIS KASUS UNTUK SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031159-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031159-ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031159-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031159-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031159-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031159-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031159-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031159-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031159-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis kasus pada materi organ pencernaan makanan pada manusia siswa kelas V SD, mengetahui validitas hasil pengembangan, dan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran flipbook berbasis kasus pada materi organ pencernaan makanan pada manusia siswa kelas V SD. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE ( Analyze, Desain, Development, Implementation, Evaluation) karena tahap-tahapnya disusun secara terstruktur dan sistematis. Pengumpulan data didapatkan dengan metode wawancara dan kuesioner. Subjek uji coba pada penelitian ini yakni ahli materi, ahli media, praktisi, dan 9 orang siswa yang terbagi dalam 1 kelompok kecil juga 3 orang individu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari pengembangan penelitian adalah media flipbook, meliputi : (a) pengembangan media pembelajaran flipbook materi organ pencernaan makanan pada manusia yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan. (b) hasil uji coba produk meliputi : (1) hasil penilaian ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 4,3 dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli media memperoleh rata-rata sebesar 4,6 dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penelitian dari praktisi memperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,8 dengan kualifikasi sangat baik. (c) hasil tanggapan siswa diperoleh dari perhitungan validitas yang terdiri dari hasil validitas uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata sebesar 4,4 dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba secara perorangan rata-rata sebesar 4,5 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil dari penilaian dan analisis data tersebut maka media pembelajaran flipbook materi organ pencernaan makanan pada manusia berbasis kasus untuk siswa kelas V SD layak untuk digunakan dalam membantu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, flipbook, pencernaan manusia, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Putu Laksmi Landina
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:02
Last Modified: 12 Oct 2022 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item