Nadiaur Rohmah, Devi (2022) Penerapan Mind Map Dan Model Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Perubahan Lingkungan Di Smas Mazra’atul Ulum Paciran. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041032-COVER.pdf Download (369kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041032-ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITAN)
1813041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041032-LAMPIRAN.pdf Download (641kB) |
Abstract
Tujuan yang akan di capai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai penerapan Mind Map dan model kooperatif tipe Gallery Walk terhadap penguasaan konsep siswa pada materi perubahan lingkungan. Dengan diukur menggunakan tes soal objektif pada kelas X Mipa 1, sebelum penerapan (pretes) dan sesudah penerapan (posttes). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian (pre-experimental designs) sampel penelitian hanya melibatkan satu kelas yang akan di berikan penerapan, dengan menggunakan Mind Map dan model kooperatif tipe Gallery Walk. Penelitian ini di gunakan desain penelitian (One group pre tes-post tes design) dengan menggunakan variabel bebas yang berupa Mind map dan Model kooperatif tipe Gallery Walk, variabel terikatnya penguasaan konsep siswa, di data dengan 20 tes objektif. Penelitian ini di laksanakan pada satu kelompok saja dengan di pilih secara random dan tidak di lakukan tes kesetabilan dan kejelasan keadaan kelompok sebelum perlakuan. Hasil penelitian tes penguasaan konsep berbeda bermakna di peroleh dengan nilai t = 6,083 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini berarti H1 diterima yaitu ada perbedaan bermakna antara penguasaan konsep materi perubahan lingkungan sebelum penerapan dan sesudah penerapan pada kelas X mipa 1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: terdapat peningkatan penguasaan konsep dengan menerapkan mind map dan model kooperatif tipe gallery walk pada materi perubahan lingkungan. Implikasi pada penelitian ini yaitu bagi penelitian selanjutnya maupun bagi guru-guru di sekolah, hasil penelitian ini dapat di jadikan bahan perbandingan dan rujukan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep belajar peserta didik. Kata kunci : Mind Map, Model Kooperatif Tipe Gallery Walk, Penguasaan Konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map, Model Kooperatif Tipe Gallery Walk, Penguasaan Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Devi Nadiaur Rohmah |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:44 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13004 |
Actions (login required)
View Item |