Erawati, Ni Nyoman (2022) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN STANDAR PROSES (PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI NO.22 TAHUN 2016) DALAM PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS VII SMP SWASTA SE-KOTA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1929021005-COVER)
1929021005-Cover.pdf Download (694kB) |
|
Text (1929021005-ABSTRAK)
1929021005-Abstrak.pdf Download (28kB) |
|
Text (1929021005-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929021005-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (387kB) |
|
Text (1929021005-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929021005-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (1929021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929021005-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (1929021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929021005-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) | Request a copy |
|
Text (1929021005-BAB 5 PENUTUP)
1929021005-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (1929021005-DAFTAR PUSTAKA)
1929021005-Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) |
|
Text (1929021005-LAMPIRAN)
1929021005-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan standar proses (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 22 Tahun 2016) dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP Swasta Se- Kota Denpasar. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP yang terdiri dari konteks, input, output dan produk. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Swasta Se-Kota Denpasar yang melaksanakan Kurikulum 2013 dengan jumlah 4 sekolah. Subyek penelitian terdiri dari guru yang mengajar mata pelaran PPKn sebanyak 8 orang. Pengumpulan data pelaksanaan standar proses menggunakan metode kuesioner, dokumentasi, wawancara dan observasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Skor hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan T-scor dan penentuan efektivitas beradasarkan Diagram Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar proses pembelajaran PPKn pada siswa tingkat pertama SMP Swasta se- Kodya Denpasar ditinjau dari dimensi konteks, input, output dan produk adalah cukup efektif. Hasil penelitian diketahui bahwa hambatan utama dalam menjalankan kurikulum 2013 adalah pada aspek pengelolan kelas, kendala yang dihadapi adalah kurangnya kesiapan guru untuk mengikuti perubahan proses pembelajaran dalam kurikulum 2013, sebagian besar guru mengeluhkan rumitnya proses penilaian dengan berbagai kriteria siswa. Dengan demikian rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah melaksanakan pelatihan kepada tenaga pendidik mata pelajaran PPKn untuk peningkatan kesiapan guru dalam melaksanakan standar proses pembelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standar Proses, Pembelajaran Kewarganegaraan, Efektivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | NI NYOMAN ERAWATI |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 08:31 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 08:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13041 |
Actions (login required)
View Item |