PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS X

Juniantari, Ni Putu (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS X. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011007-COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011007-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011007-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011007-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011007-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011007-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011007-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-modul interaktif yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mengetahui bagaimana karakteristik e-modul interaktif berbabis PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan oleh Plomp. Metode yang digunakan ialah metode penelitian yang berpedoman pada penelitian desain tipe pengembangan oleh Plomp. Prosedur penelitian terdiri dari 3 tahap, yakni tahap penelitian awal, tahap prototipe, dan tahap penilaian. Subjek dari penelitian ini ialah ahli, guru, serta siswa kelas X SMA Negeri 1 Mengwi. Data mengenai validitas e-modul interaktif diperoleh melalui lembar validitas. Data kepraktisan e-modul interaktif diperoleh melalui lembar pengamatan, angket respon siswa, dan angket respon guru. Sedangkan data keefektivitasan e-modul interaktif diperoleh melalui skor prestasi belajar matematika siswa yang difokuskan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e modul interaktif yang dikembangkan tergolong valid, praktis dan efektif. Dengan rata-rata validitas e-modul 3,24; rata-rata angket respon siswa 3,12; rata-rata angket respom guru 3,25; serta rata-rata lembar keterlaksanaan 2, 85; sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa 77,86. Karakteristik e-modul interaktif yang dikembangkan yaitu, (1)setiap pembukaan materi diawali dengan masalah yang berkaitan dikehidupan sehari-hari, (2)memuat permasalah dan aktivitas yang memungkinkan siswa dapat menemukan konsep secara mandiri, (3)memuat latihan soal yang menyajikan permasalahan , (4)memuat bagian kegiatan penilaian diri bertujuan agar siswa mampu mengenal dan menilai sendiri kemampuannya, dan (5)memuat latihan soal dan evaluasi interaktif dimana siswa langsung mendapat hasil serta feedback.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul interaktif, PBL, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Putu Juniantari
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:29
Last Modified: 18 Oct 2022 07:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13221

Actions (login required)

View Item View Item