', Rahma (2022) Pengembangan Multimedia Storytelling Berbasis Kontekstual Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV MIN 3 Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011010-COVER .pdf Download (431kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011010-ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (355kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011010-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi mengubah cara mengajar pada masa revolusi industri 4.0. Perkembangan yang semakin cepat menuntut guru hendak menggunakan media yang inovatif agar mampu meningkatkan keinginan siswa untuk belajar. Multimedia storytelling merupakan inovasi memanfaatkan teknologi dapat digunakan dalam penyajian pembelajaran agar menjadi menarik lagi dalam pembelajaran. Keadaan ini didukung atas kesiapan fasilitas yang dimiliki MIN 3 Buleleng dalam menunjang proses pembelajaran berbasis digital. Ada dua tujuan yang disasar dalam penelitian ini yakni: 1) Mengetahui karakteristik multimedia storytelling berbasis kontekstual mengenai materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD/MI; 2) Mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan multimedia storytelling berbasis kontekstual terhadap materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD/MI. Pengembangan multimedia storytelling ini menerapkan tiga tahap dari model 4-D. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 orang siswa kelas IV MIN 3 Buleleng. Terdapat 5 episode pembelajaran yang mengaitkan melalui kegiatan yang dilakukan dalam keseharian siswa terkait materi yang akan dipelajari. Multimedia storytelling yang dihasilkan telah teruji tingkat validitas Ahli Pakar Media dan Materi. Skor penilaian ahli materi dan ahli media berturut-turut adalah 4.81 dan 4.62 dari skor maksimum 5, tergolong sangat valid; multimedia yang dihasilkan telah teruji kepraktisan dilihat dari skor angket respon guru dan siswa yakin 4.88 dan tergolong sangat tinggi; dan efektif dilihat dari persentase ketuntasan klasikal 90%. Sehingga multimedia storytelling layak dipakai selaku media yang dipakai untuk materi bangun datar berbentuk persegi dan persegi panjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia storytelling, model pengembangan 4-D, kontekstual, bangun datar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Rahma |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 07:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13233 |
Actions (login required)
View Item |