Krismayanti, DAI (2022) PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INTERAKTIF BERORIENTASI PORTAL LIVEWORKSHEETS PADA MATERI TEKS IKLAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEGALLALANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011030-COVER.pdf Download (551kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011030-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1812011030-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011030-LAMPIRAN.pdf Download (572kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) interaktif berorientasi portal Liveworksheets pada materi teks iklan kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang, (2) mendeskripsikan tingkat keefektifan lembar kerja siswa (LKS) interaktif berorientasi portal Liveworksheets pada materi teks iklan kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang, dan (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat serta pendukung pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) interaktif berorientasi portal Liveworksheets pada materi teks iklan kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes, serta dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan LKS portal Liveworksheets dilakukan untuk kegiatan kegiatan Pre-Test, proses pembelajaran, Post-Test/tes akhir pembelajaran, dan penilaian, (2) portal Liveworksheets terbukti efektif dengan nilai rata-rata sebesar 3,4 serta hasil tes belajar siswa menunjukkan rata-rata 86 dengan kategori Sangat Baik. (3) ada dua faktor penghambat dan ada tiga faktor pendukung pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) interaktif berorientasi portal Liveworksheets. Berdasarkan simpulan tersebut, ada beberapa saran yang disampaikan yaitu: (1) bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu acuan dalam pemilihan aplikasi pembelajaran daring dalam kegiatan evaluasi, (2) bagi siswa, portal Liveworksheets ini dapat digunakan untuk berlatih menjawab soal secara interaktif melalui situs web Liveworksheets agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (3) bagi sekolah, Penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran yang efektif selama pembelajaran daring, dan (4) bagi peneliti lainnya, Fokus kajian penelitian ini hanya sebatas pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) interaktif berorientasi portal liveworksheets, tingkat keefektifan pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) interaktif berorientasi portal liveworksheets, serta faktor-faktor penghambat dan faktor pendukung pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) interaktif berorientasi portal liveworksheets. Penelitian lain diharapkan mengkaji kepraktisan portal Liveworksheets.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS interaktif, liveworksheets, teks iklan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Irma Krismayanti |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 03:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 03:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13261 |
Actions (login required)
View Item |