PENERAPAN BUKU AJAR NIHONGO KIRAKIRA OLEH GURU BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019

mayanti, ni nyoman yuli sri (2020) PENERAPAN BUKU AJAR NIHONGO KIRAKIRA OLEH GURU BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (cover)
1512061004-cover.pdf

Download (658kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512061004-abstrak.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512061004-BAB 1 PENDAULUAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512061004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512061004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512061004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512061004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512061004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512061004-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penerapan buku ajar Nihongo Kirakira, (2) kendala penerapan buku ajar Nihongo Kirakira, (3) cara mengatasi kendala penerapan buku ajar Nihongo Kirakira oleh guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu salah satu guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan buku ajar Nihongo Kirakira oleh guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja diterapkan sesuai pedoman penggunaan buku ajar Nihongo Kirakira dengan kegiatan mitekangaemashou, kiiteimashou, nihongo de iimashou, yomimashou, kakimashou, kikimashou, hanashimashou, roorupurei, proyek, refleksi materi pembelajaran, bunka, rangkuman materi pembelajaran, penilaian diri dan renshuu mondai. Media pembelajaran yang digunakan guru yaitu audio, power point dan LCD proyektor. (2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan buku ajar Nihongo Kirakira antara lain pada kegiatan pembelajaran kakimashou (siswa tidak menghafal huruf hiragana dan katakana), kegiatan kiite iimashou (audio tidak berbunyi), penggunaan media pembelajaran (LCD proyektor rusak), alokasi waktu yang kurang dan pengelolaan kelas (siswa ribut) serta (3) guru mengatasi kendala pembelajaran dengan cara memberi siswa latihan menulis ke depan, mendengarkan audio kiite iimashou yang sudah diunduh pada laman yang disediakan The Japan Foundatio, memindahkan tempat belajar ke kelas yang tersedia LCD proyektor yang tidak rusak, memilih beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan, memberi teguran pada siswa yang ribut dan tidak menyimak penjelasan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahasa Jepang , kendala, Nihongo Kirakira, penerapan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Yuli Sri Mayanti
Date Deposited: 25 Feb 2020 09:04
Last Modified: 25 Feb 2020 09:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item