Islami, Umi Hafilda (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS XI MIPA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041006-COVER.pdf Download (323kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041006-ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1713041006-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041006-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas XI MIPA di SMA Oleh Umi Hafilda Islami, NIM 1713041006 Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Email : umihafilda01@gmail.com ABSTRAK Tujuan pada penelitian ini yaitu menghasilkan modul berbasis model pembelajaran Discovery Learning materi sistem ekskresi pada manusia yang valid, dapat digunakan oleh siswa, dan yang efektif. menghasilkan produk Pendidikan adalah suatu proses yang menjadikan manusia lebih mengetahui segala informasi serta menguasai ilmu disegala bidang. Pentingnya pendidikan sejalan dengan proses pembelajaran yang digunakan pendidik salah satunya bahan ajar. Pada penelitian ini mengembangkan modul berbasis model pembelajaran discovery learning materi sistem ekskresi manusia. Materi sistem ekskresi membutuhkan penjelasan dengan gambar ilustrasi yang dapat membantu pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dibuuhkan modul agar peserta didik dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode R&D, Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural deskriptif yang dikembangkan oleh Borg an Gall. Hasil penelitian ini adalah validitas model mencapai kriteria valid dengan hasil analisis mencapai 81% dari ahli pakar dan 81% dari ahli praktisi. Keterlaksanaan pengembangan mencapai kriteria praktis dengan hasil analisis 80% dari respon guru biologi dan 82,49% dari respon peserta didik. Keefektifan modul mencapai kriteria sangat aktif dengan hasil analisis 91,66% dengan jumlah kelulusan siswa 33 dari 36 siswa. Kata Kunci : Modul, Discovery Learning, Sistem Ekskresi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Discovery Learning, Sistem Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Umi Hafilda Islami |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 07:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13350 |
Actions (login required)
View Item |