PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES IPA HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI

Antari, Ni Made Dina (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES IPA HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071051-COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071051-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071051-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kevalidan dan kepraktisan instrumen tes IPA High Order Thinking Skills (HOTS untuk siswa SMP kelas VIII pada materi getaran, gelombang dan bunyi. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ketujuh, yaitu research and information collecting, planning, develop preliminary form of products, preliminary field testing, main product revision, main field testing dan operational product revision. Subjek uji coba adalah 2 orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, 5 orang guru IPA untuk uji kepraktisan dan 5 orang siswa kelas IX untuk uji keterbacaan dan 31 orang siswa untuk uji coba soal. Objek uji coba adalah penilaian uji kevalidan, uji kepraktisan, uji keterbacaan, uji validitas butir soal, uji reliabilitas dan efektivitas pengecoh. Hasil data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Tingkat kevalidan instrumen tes IPA HOTS yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi berdasarkan penilaian dua orang ahli Pendidikan IPA dengan rata-rata skor sebesar 0,833. Tingkat kepraktisan instrumen tes IPA HOTS berdasarkan penilaian lima orang guru IPA kelas VIII termasuk dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata skor sebesar 4,58 dan tingkat kerbacaan dari penilaian lima orang siswa kelas IX termasuk dalam kategori terbaca dengan rata-rata skor sebesar 4,16. Hasil pada uji validitas butir soal yaitu sebanyak 20 butir soal dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas soal memperoleh rata- rata skor sebesar 0,824 dan sebanyak 20 soal memiliki pengecoh yang baik. Berdasarkan data hasil penelitian instrumen tes IPA High Order Thinking Skills (HOTS) untuk siswa SMP kelas VIII pada materi getaran, gelombang dan bunyi dapat dilakukan sampai pada tahap dissemination and implementation (penyebaran dan implementasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes, IPA, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: NI MADE DINA ANTARI
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:47
Last Modified: 20 Oct 2022 03:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item