MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP NEGERI 2 BANJARANGKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tanwisastra, I Nengah (2022) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP NEGERI 2 BANJARANGKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1716011069-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1716011069-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1716011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1716011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1716011069-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 2 Banjarangkan tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII E SMP Negeri 2 Banjarangkan tahun pelajaran 2021/2022, yang berjumlah 21 orang dengan rincian 7 orang putri dan 14 orang putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok dari siklus I sebesar 56,6% kategori aktif, meningkat menjadi 85% kategori sangat aktif pada siklus II. Pada hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan dari siklus I sebesar 52,4% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II dan pada aspek keterampilan dari siklus I sebesar 57,2% meningkat menjadi 90,5% pada siklus II. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui model pembelajaran PBL pada peserta didik kelas VII E SMP Negeri 2 Banjarangkan tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan kepada guru PJOK dapat menggunakan model pembelajaran PBL karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem based learning, aktivitas belajar, hasil belajar, lompat jauh gaya jongkok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Nengah Tanwisastra
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:49
Last Modified: 20 Oct 2022 03:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item