KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK KIDS FANTASI CAMP

Maryuni, Ni Putu Eka (2022) KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK KIDS FANTASI CAMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811061016-COVER.pdf

Download (588kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811061016-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (441kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811061016-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan ayah didalam pengasuhan anak usia dini pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu enam orang ayah yang memang memiliki kesibukan bekerja namun tetap menyempatkan diri untuk memberikan pengasuhan kepada anaknya. Data pada penelitian diperoleh melalui dua metode pengumpulan data yaitu wawancara semi terstuktur dan Focus Group Discussion (FGD). Hal ini dilakukan untuk memperoleh data atau informasi mengenai suatu permasalahan melalui diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditengah kesibukan ayah untuk bekerja ayah tetap menyempatkan waktunya untuk memberikan pengasuhan kepada anak. Hal itu dilakukan oleh ayah karena memberikan pengasuhan kepada anak menjadi salah satu tanggung jawabnya sebagai orang tua, sebab pengasuhan tidak bisa hanya dilakukan oleh ibu karena pengasuhan yang ayah berikan berbeda dengan pengasuhan yang diberikan oleh ibu sehingga pengasuhan yang anak dapatkan harus dari kedua orang tua supaya anak bisa tumbuh sesuai dengan perkembangannya. Kegiatan yang ayah lakukan ketika bersama anak yang paling sering yaitu bermain, selain itu ayah juga menyempatkan waktu untuk mengajak anak jalan-jalan serta tidak jarang ayah juga menyempatkan diri untuk mendengarkan cerita anak. Tanggung jawab yang diberikan ayah lebih ke tanggung jawab secara finansial yaitu dengan cara bekerja sebab ayah menjadi kepala keluarga di dalam keluarga kecilnya dan ayah harus memberikan nafkah kepada keluarganya. Selama pandemi COVID-19 kegiatan belajar anak dilakukan dari rumah sehingga orang tua harus mengambilkan tugas anak ke sekolah dan juga mengambilkan hasil belajar anak. Pengambilan tugas dan hasil belajar dilakukan oleh ibu karena terbentur dengan jadwal bekerja ayah. Adapun rekomendasi yang diberikan sebagai pertimbangan lanjutan kedepannya yaitu ayah harus tetap menyempatkan waktunya untuk anak karena anak usia dini masih membutuhkan sosok pendampingan ayahnya. Walaupun ayah sibuk bekerja, ayah harus tetap memberikan waktu hari liburnya untuk bermanja bersama anak. Kepada guru hendaknya memberiakan sosialisasi kepada para orang tua supaya tidak adalagi ayah terlalu fokus dalam bekerja dan melupakan tugasnya dalam memberikan pengasuhan kepada anak dan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan penelitian tentang keterlibatan ayah dalam pengasuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan ayah, Pengasuhan, Anak Usia Dini, Pandemi COVID-19.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Putu Eka Maryuni
Date Deposited: 20 Oct 2022 00:47
Last Modified: 20 Oct 2022 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item