Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tingkat Penanganan Siswa Bermasalah dengan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP)

Widiarta, Made Arya (2022) Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tingkat Penanganan Siswa Bermasalah dengan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051028-COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051028-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051028-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Layanan responsif merupakan layanan dari guru BK di SMP Negeri 1 Sukasada untuk menangani permasalahan siswa sedini mungkin. Namun, terdapat beberapa kendala saat pelaksanaan layanan tersebut, terutama saat menentukan penanganan siswa bermasalah. Keputusan yang diambil oleh guru BK masih bersifat subjektif yang perlu mempertimbangkan banyak hal dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendalami permasalahan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk rancang bangun sistem pendukung keputusan penentuan tingkat penanganan siswa bermasalah menggunakan metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) dan mengetahui respons pengguna terhadap sistem tersebut. Sistem dibangun dengan metode SDLC dengan model waterfall melalui tahapan analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Penelitian ini berhasil membangun sistem pendukung keputusan berdasarkan hasil pengujian blackbox dan whitebox dengan tingkat keberhasilan 100%. Hasil uji respons pengguna menggunakan metode System Usability Scale mendapatkan skor 80,75. Nilai evaluasi sistem mendapat adjective rating yang excellent, grade scale tergolong kelompok B, dan tingkat acceptability termasuk acceptable. Tingkat kesesuaian antara keputusan guru BK dan rekomendasi sistem berdasarkan 20 data kasus uji yaitu sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siswa Bermasalah, Sistem Pendukung Keputusan, Multifactor Evaluation Process, System Usability Scale.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Made Arya Widiarta
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:10
Last Modified: 20 Oct 2022 01:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13389

Actions (login required)

View Item View Item