PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR BERBASIS PERCOBAAN PENEMUAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Hasannudin, Hasannudin (2022) PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR BERBASIS PERCOBAAN PENEMUAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813031020-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813031020-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813031020-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kegiatan praktikum belum terlaksana karena bahan ajar yang berisi kegiatan praktikum masih jarang tersedia di sekolah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar berupa unit kegiatan belajar berbasis percobaan penemuan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan unit kegiatan belajar berbasis percobaan penemuan pada materi larutan penyangga. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang telah dimodifikasi sampai tahap keempat, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan produk, (3) pengembangan produk, dan (4) uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah catatan dokumen, lembar validasi, angket kepraktisan, dan tes uraian pemahaman konsep siswa. Hasil uji kevalidan isi dan konstruksi dihitung berdasarkan pendekatan Gregory dan diperoleh skor rata-rata 1,0 dari skor maksimal 1,0 dengan kriteria validasi sangat tinggi. Hasil uji kevalidan bahasa diperoleh skor rata-rata 3,63 dalam skala 4,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan ditinjau dari kemudahan guru dalam menggunakan diperoleh skor rata-rata kepraktisan sebesar 3,48 dalam skala 4,00 dengan kriteria praktis. Hasil uji keefektifan ditinjau dari persentase siswa yang lulus KKM diperoleh persentase sebesar 86,67% dengan kriteria sangat baik sehingga unit kegiatan belajar dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: unit kegiatan belajar, percobaan penemuan, larutan penyangga, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Hasannudin
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:32
Last Modified: 21 Oct 2022 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item