PENGEMBANGAN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN REPRESENTASI BERAGAM MATEMATIS SISWA SMA KELAS XII PADA MATERI DIMENSI TIGA

Ulfadila, Nida (2022) PENGEMBANGAN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN REPRESENTASI BERAGAM MATEMATIS SISWA SMA KELAS XII PADA MATERI DIMENSI TIGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011021-COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011021-ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011021-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan representasi beragam matematis memegang peranan yang penting dalam suatu pembelajaran matematika, sehingga guru perlu melatih kemampuan tersebut, salah satunya dengan membiasakan siswa mengerjakan soal-soal atau tes yang memenuhi kriteria tes yang baik serta mampu melatih kemampuan representasi beragam matematis tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kualitas tes yang baik, serta untuk mengetahui kategori kemampuan representasi beragam matematis siswa. Perangkat yang dikembangkan terdiri atas butir soal uraian. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian yaitu kelas XII IPA MAN Karangasem. Hasil uji coba menunjukan bahwa: (1) instrumen tes dinyatakan valid, (2) konsisten, dengan koefisien korelasi berkisar antara 0,494 hingga 0,793, (3) derajat reliabilitas tinggi dengan koefisien sebesar 0,611, (4) indeks daya beda hitung adalah 0,842 dengan kriteria sangat baik, (5) taraf kesukaran tes beragam yaitu sedang dan sukar, dan (6) Persentase kemampuan representasi beragam matematis siswa dengan kategori sangat baik sebesar 11,1%, kategori baik sebesar 33,3%, kategori sedang 40,7%, kategori kurang sebesar 14,8%, dan kategori sangat kurang 0%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat tes yang dikembangkan telah memenuhi standar kualitas tes yang baik serta dapat mengukur kemampuan representasi beragam matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, instrumen tes, kemampuan representasi beragam matematis, model 4-D.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Nida Ulfadila
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:52
Last Modified: 21 Oct 2022 06:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13508

Actions (login required)

View Item View Item