Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Permainan PJOK Tema Diriku Untuk Peserta Didik Kelas I SD Di Kecamatan Buleleng

Kurnia Wijaya, I Wayan Aditya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Permainan PJOK Tema Diriku Untuk Peserta Didik Kelas I SD Di Kecamatan Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER_watermark.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_watermark.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I_watermark.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB II_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
BAB III_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
BAB IV_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_watermark.pdf

Download (423kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN_watermark.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran yang berkualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Tahap Analyze yaitu analisis kebutuhan, pernyataan masalah dan analisis tugas. Tahap Design yaitu mendesain produk dan perangkat. Tahap Development mengembangkan produk dan perangkat pembelajaran serta melakukan validasi. Tahap Implementation menerapkan media pembelajaran. Tahap Evaluation yaitu melakukan tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subyek uji coba produk ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu uji coba kelompok kecil yang dilakukan 10 orang peserta didik dari SD Negeri 1 Banjar Jawa dan uji coba kelompok besar yang dilakukan 25 orang peserta didik SD Negeri 3 Banjar Jawa. Hasil penelitian menunjukan tanggapan dari ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase 89% (baik), ahli desain pembelajaran memperoleh 87% (baik), ahli media pembelajaran memperoleh persentase 92% (sangat baik), dan tanggapan praktisi lapangan (guru PJOK) memperoleh persentase 94% (sangat baik). Sedangkan hasil uji coba peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok yaitu uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94% (sangat baik) dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase 96% (sangat baik). Dari hasil di atas maka dapat dikatakan bahwa media video pembelajaran berbasis permainan PJOK tema diriku dapat dikatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran atau penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Permainan, Tematik, PJOK.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Wayan Aditya Kurnia Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:07
Last Modified: 25 Oct 2022 01:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item