Suartini, Ni Luh Putu (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Percobaan Awal terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Termokimia Kelas XI di SMA Negeri 1 Selemadeg. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813031012-COVER.pdf Download (992kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813031012-ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (461kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813031012-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar dan perbedaan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis percobaan awal dan strategi pembelajaran ekspositori pada materi termokimia di SMA Negeri 1 Selemadeg. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan The Matching Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Selemadeg tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 154 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik matching group. Hal yang digunakan untuk mematching kelas adalah jumlah siswa dan gender. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan posttest serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang signifikan pada materi termokimia antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis percobaan awal dan strategi pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, percobaan awal, hasil belajar, aktivitas siswa, termokimia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Suartini |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 06:46 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13605 |
Actions (login required)
View Item |