Kharismayani, Ni Wayan Yuna (2022) PENGEMBANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MUATAN IPS MATERI LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V DI SD NEGERI 1 CEMPAGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganseha.
Text (COVER)
1811031194-COVER.pdf Download (988kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031194-ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031194-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1811031194-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031194-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031194-BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031194- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031194-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031194-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi pembelajaran pada muatan IPS materi lingkungan sahabat kita kelas V SD Negeri 1 Cempaga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Namun karena kerterbatasan waktu, finansial, tenaga, dan sumber daya maka penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap analisis, desain, pengembangan dan evalusasi. Subjek penelitian ini adalah media animasi pembelajaran pada muatan IPS tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kelayakan dari animasi pembelajaran pada muatan IPS tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar kepada uji perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Hasil uji perorangan bahwa skor rata-rata validasi animasi pembelajaran yang diberikan oleh uji perorangan sebesar 4, uji kelompok kecil rata-rata skor validasi sebesar 3,93. Selanjutnya pada uji kelompok besar sebesar 3,67 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media animasi pembelajaran yang dikembangkan pada muatan IPS materi lingkungan sahabat kita dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | animasi pembelajaran, muatan IPS materi lingkungan sahabat kita. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Yuna Kharismayani |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 01:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13613 |
Actions (login required)
View Item |