PENGEMBANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MUATAN IPS MATERI LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V DI SD NEGERI 1 CEMPAGA

Kharismayani, Ni Wayan Yuna (2022) PENGEMBANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MUATAN IPS MATERI LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V DI SD NEGERI 1 CEMPAGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganseha.

[img] Text (COVER)
1811031194-COVER.pdf

Download (988kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031194-ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031194-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1811031194-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031194-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031194-BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031194- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031194-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031194-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi pembelajaran pada muatan IPS materi lingkungan sahabat kita kelas V SD Negeri 1 Cempaga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Namun karena kerterbatasan waktu, finansial, tenaga, dan sumber daya maka penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap analisis, desain, pengembangan dan evalusasi. Subjek penelitian ini adalah media animasi pembelajaran pada muatan IPS tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kelayakan dari animasi pembelajaran pada muatan IPS tema 8 lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar kepada uji perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Hasil uji perorangan bahwa skor rata-rata validasi animasi pembelajaran yang diberikan oleh uji perorangan sebesar 4, uji kelompok kecil rata-rata skor validasi sebesar 3,93. Selanjutnya pada uji kelompok besar sebesar 3,67 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media animasi pembelajaran yang dikembangkan pada muatan IPS materi lingkungan sahabat kita dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: animasi pembelajaran, muatan IPS materi lingkungan sahabat kita.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Yuna Kharismayani
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:18
Last Modified: 28 Oct 2022 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13613

Actions (login required)

View Item View Item