Ibrahim, Rinto Primaraga (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PENYAKIT MENULAR COVID 19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1516011065-COVER.pdf Download (528kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1516011065-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1516011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (333kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1516011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1516011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1516011065-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1516011065-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1516011065-LAMPIRAN.pdf Download (768kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi penyakit menular covid-19 di kelas VII A SMPN 1 Rogojampi melalui implementasi model pembelajaran problem base learning. Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan guru sebagai peneliti, ilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitan adalah peserta didik kelas VII A SMPN 1 Rogojampi berjumlah 33 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan metode tes. Observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan metode tes atau penilaian yang digunakan untuk mengambil data hasil belajar PJOK setelah implementasi pembelajaran problem base learning yang berupa nilai (skor). Hasil pelaksanaan siklus I dan II, analisa dan pengolahan data serta indikator keberhasilan yang telah dilakukan, menunjukan bahwa rerata hasil belajar siswa secara klasikal terjadi adanya peningkatan dalam penelitian tindakan kelas ini yakni 71,8 pada siklus I dan 80,9 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang mendapat nilai di atas 75 mencapai 72.7% pada siklus I dan 84.8% pada siklus II. Simpulan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal maupun ketuntasan belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan setelah implementasi model pembelajaran problem base learning diterapkan pada siswa kelas VII A SMPN 1 Rogojampi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Problem Base Learning, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Rinto Primaraga Ibrahim |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 01:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13630 |
Actions (login required)
View Item |