Permana, Gusti Komang Anom (2023) PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI SIKLUS AIR MUATAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 3 MEDEWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031119-COVER.pdf Download (368kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031119-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031119-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031119-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031119-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031119-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031119-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031119-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031119-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media prezi terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi pada materi siklus air muatan IPA Kelas V di SD Negeri 3 Medewi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D memiliki empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran siswa pada kelas V materi siklus air muatan IPA di SD Negeri 3 Medewi. Objek dalam penelitian ini adalah validasi aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran prezi terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi siklus air muatan IPA kelas V di SD yang telah dikembangkan. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, studi dokumentasi, kuisioner dan tes. Validasi aktivitas pembelajaran diukur dengan rating scale yang diberikan 4 orang dosen ahli aktivitas pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan rumus mean. Hasil validasi aktivitas pembelajaran diperoleh dengan rata-rata skor validasi aktivitas pembelajaran adalah adalah 4,73, secara keseluruhan valid dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut aktivitas pembelajaran berbantuan media prezi layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uji manova diperoleh signitifikasi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 baik di uji secara bersama-sama maupun terpisah. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “secara bersama-sama, terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains dan kemampuan metakognitif antara siswa mengikuti aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran prezi dengan siswa yang mengikuti aktivitas pembelajaran tanpa berbantuan media pembelajaran prezi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas pembelajaran, prezi, literasi sains, kemampuan metakognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Komang Anom Permana |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 01:26 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13658 |
Actions (login required)
View Item |