Utama, M Syahrul (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Engine stand Terhadap Hasil Belajar Mesin Konversi Energi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1415071027 - COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1415071027 - ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1415071027 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1415071027 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1415071027 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1415071027 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1415071027 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1415071027 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1415071027 - LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis engine stand terhadap hasil belajar mesin konversi energi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Singraja, pada kelas X TKR yang berjumlah 66 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas X TKR 3 (kelas eksperimen) dan kelas X TKR 2 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar tipe pilihan ganda sebanyak 30 butir dengan lima pilihan. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis statistik berbantuan SPSS 16.0 for windows berupa uji kesamaan rata-rata nilai pretest dan posttest kedua kelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis engine stand menunjukkan pengaruh terhadap hasil belajar mesin konversi energi pada siswa. Hal ini berdasarkan output pair 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar mesin konversi energi siswa kelas X TKR untuk pretest kelas kontrol dengan posttest kelas kontrol. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar mesin konversi energi pada siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis engine stand sebesar 83.42, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa mesin konversi energi tanpa media pembelajaran berbasis engine stand sebesar 60.88 dengan selisih 22.54.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, berbasis engine stand, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | M Syahrul Utama |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 07:08 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1370 |
Actions (login required)
View Item |