PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN LITERASI SAINS SISWA

Sanjayanti, Ni Putu Ayu Hervina (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN LITERASI SAINS SISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1739011004-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1739011004-ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1739011004-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1739011004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1739011004-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1739011004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1739011004-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1739011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (991kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1739011004-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan menghasilkan model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal Bali (KLB) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan karakter dan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analyze, design, development, implementation, evaluation. Subjek pengujian efektivitas dilakukan pada siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Buleleng yang jumlahnya sebanyak 158 siswa, yaitu di SMPN 1 Singaraja sebanyak 58 siswa, SMPN 2 Singaraja sebanyak 50 siswa, dan SMPN 4 Sawan sebanyak 50 siswa. Dari ketiga sekolah tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu satu kelompok eksperimen sebanyak 88 siswa, dan satu kelompok kontrol sebanyak 70 siswa. Instrumen pengumpulan data karakter menggunakan kuesioner dan data literasi sains menggunakan tes literasi sains. Kedua instrumen tersebut telah memenuhi katagori valid dan reliabel. Metode analisis data untuk memperoleh hasil pengujian efektivitas dilakukan dengan analisis MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) Rancangan model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal Bali dengan tahapan menyajikan fenomena kaearifan lokal Bali (starting of phenomena), mengorganisaskan pebelajar (student organizing, melakukan penyelidikan berbasis persepektif secara kelompok (perspective-investigation), mempresentasikan hasil percobaan (presenting), mengaitkan, menganalisis dan mengevaluasi fenomena KLB (evaluation); (2) Model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal Bali secara keseluruhan dinyatakan valid; (3) Model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal Bali dinyatakan praktis; (4) Model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal Bali lebih efektif dalam meningkatkan karakter siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional; (5) Model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal Bali lebih efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional; (6) Model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal Bali lebih efektif secara simultan meningkatkan karakter dan literasi sains siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran IPA bermuatan kearifan lokal bali, karakter, literasi sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ni Putu Ayu Hervina Sanjayanti
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:05
Last Modified: 10 Feb 2023 02:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13846

Actions (login required)

View Item View Item