Purohita, I Gusti Ayu Agung Mas (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2023071004-COVER)
2023071004-Cover.pdf Download (684kB) |
|
Text (2023071004-ABSTRAK)
2023071004-Abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text (2023071004-BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071004-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (170kB) |
|
Text (2023071004-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071004-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (2023071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071004-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (2023071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071004-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (2023071004-BAB 5 PENUTUP)
2023071004-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (2023071004-DAFTAR PUSTAKA)
2023071004-Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text (2023071004-LAMPIRAN)
2023071004-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD open ended problem untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket validasi, angket kepraktisan dan observasi keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) koefisien validitas gregory untuk validitas materi mendapatkan skor 0,95 dengan kualifikasi sangat valid, untuk hasil validitas media memperoleh skor 96 dengan kualifikasi sangat valid dan hasil validitas bahasa memperoleh skor 96 dengan kualifikasi sangat valid, (2) hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa LKPD sangat praktis dari praktisi guru yang mendapatkan skor 85,50 (3) Hasil uji keefektivitasan menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains siswa tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) LKPD memiliki karakteristik sesuai dengan open ended problem, (2) LKPD telah memperoleh penilaian yang valid, (3) LKPD telah memperoleh penilaian yang praktis, dan (4) LKPD efektif meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Open Ended Problem, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Agung Mas Purohita |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 00:21 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 00:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13903 |
Actions (login required)
View Item |