Wulandari, Luh Ayu Dina (2023) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi Materi Menu Seimbang Manula Berbasis Discovery Learning di Kelas X Tata Boga SMK Negeri 1 Gerokgak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051111_COVER.pdf Download (918kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051111_ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1815051111_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1815051111_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1815051111_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051111_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1815051111_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051111_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051111_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penyampaian materi mata pelajaran Ilmu Gizi masih bersumber dari buku paket Ilmu Gizi saja, dan guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga belum dapat dengan maksimal menunjang prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan serta mengetahui respon pengalaman pengguna terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Ilmu Gizi materi menu seimbang manula berbasis discovery learning kelas di X Tata Boga SMK Negeri 1 Gerokgak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE yaitu, analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas X Tata Boga 1 di SMK Negeri 1 Gerokgak. Berdasarkan tahap yang telah dilalui, diperoleh sebuah produk konten pembelajaran interaktif menggunakan software utama Adobe Captivate berbasis discovery learning yang didistribusikan melalui Google Classroom dengan perolehan validitas ahli isi sebesar 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid” dan tingkat validitas ahli media sebesar 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid”, uji coba perorangan memperoleh nilai 96%, uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 91%, uji coba lapangan memperoleh nilai 91,63%. Selain itu, hasil uji respon pengalaman pengguna memperoleh nilai attractiveness atau daya tarik memperoleh nilai (Excellent), pada Pragmatic Quality yang meliputi aspek kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), dan pada aspek ketepatan (dependability) dengan memperoleh nilai (excellent). Selanjutnya pada Hedonic Quality yang aspek stimulasi (stimulation), dan aspek kebaruan (novelty) dengan memperoleh nilai (excellent). Serta uji efektifitas menggunakan rumus N-Gain mendapat nilai 0,78 (efektif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Konten Pembelajaran Interaktif, Ilmu Gizi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Luh Ayu Dina Wulandari |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 00:46 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13911 |
Actions (login required)
View Item |