PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA

Sutrisna, I Gede (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2023071010-COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071010-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071010-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sutrisna, I Gede (2023), Pengaruh model discovery learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika, M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Drs. I Wayan Suja, M.Si. Kata-kata kunci: model discovery learning, gaya belajar, hasil belajar Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model discovery learning dan model direct instruction, perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar konvergen dan siswa yang memiliki gaya belajar divergen, dan pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Nasional Denpasar pada tahun ajaran 2021/2022 yang terdari atas 7 kelas dengan sampel penelitian sebanyak 4 kelas. Instrumen penelitian berupa kuisioner gaya belajar dan tes hasil belajar yang diberikan kepada dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Data dianalisis secara deskriptif dan ANAKOVA dua jalur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 5%, dan sebelum uji hipotesis dilakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model discovery learning dan model direct instruction, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar konvergen dan divergen, serta tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I GEDE SUTRISNA
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:41
Last Modified: 14 Feb 2023 04:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13913

Actions (login required)

View Item View Item