Yasamahadewi, Putu (2023) AN ANALYSIS OF GENDER DECONSTRUCTION IN STUDENTS’ ENGLISH TEXTBOOK FOR 12TH GRADE. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081030-COVER.pdf Download (345kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081030-ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081030-LAMPIRAN.pdf Download (158kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguraikan stereotip gender yang direpresentasikan dalam buku teks EFL untuk kelas 12, 2) Menganalisis dekonstruksi stereotip gender yang direpresentasikan dalam buku teks EFL untuk kelas 12. Analisis Tekstual yang dikemukakan oleh McKee (2003) dan Miles, et al (2014) Analisis Data Kualitatif Mode Interaktif digunakan dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Subyek penelitian ini adalah Buku Teks Bahasa Inggris Siswa SMA Indonesia Kelas XII. Objek kajiannya adalah stereotipe dan dekonstruksi gender yang direpresentasikan dalam buku ajar melalui aspek bahasa dan visual. Konsep stereotip gender yang diwakili dalam buku teks diidentifikasi oleh penggunaan Lakoff (1975) dan Coates (2013) teori bahasa dan gender sedangkan konsep dekonstruksi dalam buku teks diidentifikasi melalui perspektif feminis Millet (2000) tentang gender yang ditambah dengan Derrida's (1976) Teori Dekonstruksi. Studi ini menemukan bahwa buku teks tersebut masih mempertahankan representasi stereotip gender melalui aspek bahasa dan visual, tetapi juga menunjukkan representasi stereotip yang telah didekonstruksi. Kategori aspek bahasa yang memiliki penggambaran stereotip diidentifikasi melalui bahasa tentatif perempuan, perempuan dan laki-laki dalam percakapan, dan penggambaran perempuan dan laki-laki berdasarkan penempatan ruang, penempatan pekerjaan, dan pola nama. Dalam aspek visual, stereotip gender ditemukan melalui frekuensi penampilan, panjang rambut, pakaian, warna yang ditetapkan, atribut yang terkait dengan masing-masing jenis kelamin, dan ilustrasi keterlibatan aktivitas. Sementara itu, dekonstruksi dapat ditemukan pada ciri-ciri gender tradisional, pilihan pekerjaan, dan aspek visual melalui penetapan warna, pakaian, dan penampilan fisik. Kesimpulannya, dekonstruksi representasi stereotipe gender masih mengandung representasi yang ambivalen. Dengan demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meminimalisir penggambaran gender yang ambivalen agar tidak terjadi miskonsepsi dalam materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stereotype, Deconstruction, Gender, English textbook |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Putu Yasamahadewi |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 10:30 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 10:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13930 |
Actions (login required)
View Item |