Setiadi, Ni Putu Diah Pradnyanita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING MUATAN IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V SD NEGERI 22 DAUH PURI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031076-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031076-ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (600kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031076-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kualitas isi, desain, media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil serta efektivitas media video pembelajaran berbasis discovery learning muatan IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi siswa kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli materi/isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran serta 28 orang siswa kelas 5 SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa: (1) kualitas hasil uji rancang bangun diperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji ahli dan uji pengguna dieroleh sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi media diperoleh skor 91,60% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perseorangan diperoleh skor 90, 26% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 91,64% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil uji efektivitas produk diperoleh dari uji statistik uji-t yakni t-hitung = 8,25 untuk db = 27 dan taraf signifikansi 5% sehingga t-tabel = 1,70. Maka thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis discovery learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media video pembelajaran berbasis discovery learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada muatan IPS kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, discovery learning, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diah Pradnyanita Setiadi |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 03:11 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13933 |
Actions (login required)
View Item |