Dewi, Ida Ayu Made Martiana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Dadu Kata Bergambar berbasis Model Team Games Tournament Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III di SD Negeri 5 Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031147-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031147-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031147-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (472kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031147-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031147-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031147-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031147-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031147-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031147-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, kualitas, serta efektivitas dari media pembelajaran dadu kata bergambar berbasis model Team Games Tournament (TGT) muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas III di SD Negeri 5 Gianyar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode tes dan metode angket/kuesioner. Hasil penelitian ini melalui tahap (1) rancang bangun media dadu kata bergambar meliputi tahapan, yaitu (a) analisis kebutuhan, (b) desain, dan (c) pengembangan dan implementasi, (2) kualitas media dadu kata bergambar yang didapatkan berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,00%, uji ahli isi pembelajaran sebesar 97,20%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 87,50% , dan uji ahli media pembelajaran sebesar 87,50%, uji coba perorangan sebesar 97,33%, dan uji coba lapangan sebesar 94,89%, (3) berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil thitung = 3,04 sedangkan ttabel = 1,69. Hal ini berarti nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak sedangkan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran dadu kata bergambar berbasis model TGT efektif diterapkan pada muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas III di SD Negeri 5 Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dadu kata bergambar, Team Games Tournament, media konkret |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Made Martiana Dewi |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 00:28 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 00:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13956 |
Actions (login required)
View Item |