Idham, Kholid (2023) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF ASWAJA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI MTS AT-TAUFIQ SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051080-COVER.pdf Download (466kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051080-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815051080-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051080-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pandemi covid-19 berdampak ke berbagai sektor salah satunya sektor pendidikan. Di berbagai daerah di Indonesia pembelajaran dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, Menteri Pendidikan secara tegas memberikan arahan berkaitan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini tentu saja berdampak pada kualitas peserta didik. Banyak peserta didik yang stress karena melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mereka cenderung tidak tahan dengan kondisi dimana mereka harus belajar tanpa adanya teman. Peserta didik juga merasa tidak tahan dengan cara penyampaian materi oleh Guru yang cenderung monoton dan tidak efektif. Penggunaan Konten Pembelajaran Interaktif masih rendah, dikarenakan sarana dan prasarana yang belum memadai di sekolah dan keterbatasan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang abstrak, khususnya pada mata pelajaran Aswaja di kelas VII, yang menyebabkan kesulitan bagi guru dalam mengajar mata pelajaran. Oleh karena itu perlu adanya sebuah Konten Pembelajaran Interaktif yang dapat membuat peserta didik betah belajar dan efektif. Dengan membuat Konten Pembelajaran Aswaja kelas VII pada khususnya materi Sejarah Lahirnya NU dan Sistem Organisasi NU berbasis Kombinasi Video Animasi 3D dan Live Shoot diharapkan peserta didik dapat betah mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu Discovery Learning. Kemudian, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode Kualitatif Phenomenological research yaitu pengumpulan data disertai observasi dengan tujuan untuk mengetahui fenomena esensial partisipan dalam hidupnya. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel Siswa kelas VII di MTs Attaufiq Singaraja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Aswaja, Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Idham Kholid |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 05:57 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 05:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13985 |
Actions (login required)
View Item |