PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL SISTEM REM HIDROLIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR

Wibawa, I Komang Gede Satria (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL SISTEM REM HIDROLIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615071038-COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615071038-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071038-BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1615071038-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1615071038-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1615071038-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071038-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615071038-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis video Sistem Rem Hidrolik pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro CC 2017. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video Sistem Rem Hidrolik pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor menggunakan software Adobe Premiere Pro CC 2017 di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (R&D) Research and Development Hanya 3 tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Hasil kelayakan dari ahli materi sangat layak dengan 93% dan dari media 90%, sehingga kriteria sangat layak dari segi media. Kemudian persentasenya 95% pada uji kelompok kecil dan 91% pada uji kelompok besar, sehingga kriteria uji kelompok kecil dan uji kelompok besar sangat layak. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dan pengembangan ini dapat dikatakan bahwa media ini sangat bermanfaat baik dari segi materi, media maupun respon siswa, sehingga dapat dinyatakan media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Rem Hidrolik, Adobe Premiere Pro CC 2017, Rem Hidrolik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Komang Gede Satria Wibawa
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:00
Last Modified: 17 Feb 2023 07:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item