PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN 1 PANJI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Pinem, Nima Klarisa Br (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN 1 PANJI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021009-COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021009-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Riset ini bermaksud untuk: (1) dihasilkannya produk media pembelajaran video pembelajaran pada berbasis PBL pada materi keberagaman suku bangsa yang layak untuk suatu pembelajaran IPS,(2) diketahui proses pengembangannya serta validitas pada video pembelajaran yang berbasis PBL (3) diketahui keefektivan dari pemakaian video pembelajaran yang berbasis PBL di SDN 1 Panji. Jenis riset ini ialah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE yang melingkupi lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subject dari riset ini ialah murid dikelas V dengan jumlah 37 murid. Metode dan instrument pengumpulan data yang dipakai dalam riset ini yakni kuesioner serta test. Hasil riset ditunjukkan (1) produk pada media video pembelajaran PBL diterangkannya valid dengan hasil tinjauan ahli isi mata pelajaran sebanyak 92,30% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebanyak 90,00% (sangat baik) ahli media pembelajaran sebanyak 96,15% (sangat baik) serta ahli teknologi pendidikan sebanyak 95,00% (sangat baik) serta respons angket pesertadididk, yakni diuji coba perorangan sebanyak 94,33% (sangat baik), golongan kecil sebanyak 92,11% (sangat baik). Produk pada media video pembelajaran pada berbasis PBL diterangkannya efektive dipakai berlandaskan hasil pre-test sebanyak 49,19 (kurang), dan post-test sebanyak 88,38 (baik) serta dilakukannya perhitungan dengan uji-t didapatkan hasil pada kolom significance (2-tailed) sebanyak 0,000. Hasil inilah ditunjukkan bahwa besar significance lebih kecil dari 0,05 (p>0,05), hingga H0 ditolak serta H1 diterima diartikan adanya perbedaannya significant hasil belajar murid sebelum dan sesudah diikuti pembelajaran memakai video pembelajarannya berbasis problem based learning pada mapel IPS murid dikelas V SDN 1 Panji tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Nima Klarisa Br Pinem
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:46
Last Modified: 17 Feb 2023 09:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item