PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM JARINGAN BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR

Rati, Ni Wayan (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM JARINGAN BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1839031003-COVER)
1839031003-Cover.pdf

Download (788kB)
[img] Text (1839031003-ABSTRAK)
1839031003-Abstrak.pdf

Download (231kB)
[img] Text (1839031003-BAB 1 PENDAHULUAN)
1839031003-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (350kB)
[img] Text (1839031003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839031003-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (1839031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839031003-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (1839031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839031003-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (1839031003-BAB 5 PENUTUP)
1839031003-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (1839031003-DAFTAR PUSTAKA)
1839031003-Daftar Pustaka.pdf

Download (471kB)
[img] Text (1839031003-LAMPIRAN)
1839031003-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah menghasilkan prototype serta mendeskripsikan dan menjelaskan validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat PjBL dalam jaringan berorientasi HOTS dalam meningkatkan keterampilan belajar dan berinovasi abad ke-21 atau keterampilan 4C dan hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Data kesesuaian prototype dengan kebutuhan dikumpulkan dengan metode wawancara dan penyebaran angket, data validitas perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan lembar kuesioner, data kepraktisan perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan angket dan lembar pengamatan, dan data efektivitas perangkat pembelajaran berkaitan dengan keterampilan 4C dikumpulkan dengan tes esay (untuk berfikir kritis), lembar observasi (untuk komunikasi, kolaborasi, kreativitas) dan data tentang hasil belajar dikumpulkan dengan tes obyektif. Sebelum instrumen tersebut dipergunakan terlebih dahulu dilakukan validasi instrumen dengan menggunakan formula Gregory. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Prototype produk berupa perangkat pembelajaran yaitu RPP, bahan ajar, LKPD, media powerpoint, dan instrumen evaluasi sesuai dengan kebutuhan; (2) Validitas produk hasil pengembangan berada pada kategori sangat valid; (3) Kepraktisan perangkat pembelajaran hasil pengembanagan berada pada kategori praktis; dan (4) Hasil analisis MANOVA menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan keterampilan 4C dan hasil belajar IPA peserta didik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pjbl Online, HOTS, 4Cs, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Ni Wayan Rati
Date Deposited: 17 Feb 2023 06:13
Last Modified: 17 Feb 2023 06:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item View Item