Rati, Ni Wayan (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM JARINGAN BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1839031003-COVER)
1839031003-Cover.pdf Download (788kB) |
|
Text (1839031003-ABSTRAK)
1839031003-Abstrak.pdf Download (231kB) |
|
Text (1839031003-BAB 1 PENDAHULUAN)
1839031003-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (350kB) |
|
Text (1839031003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839031003-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) | Request a copy |
|
Text (1839031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839031003-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (1839031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839031003-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (1839031003-BAB 5 PENUTUP)
1839031003-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (1839031003-DAFTAR PUSTAKA)
1839031003-Daftar Pustaka.pdf Download (471kB) |
|
Text (1839031003-LAMPIRAN)
1839031003-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah menghasilkan prototype serta mendeskripsikan dan menjelaskan validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat PjBL dalam jaringan berorientasi HOTS dalam meningkatkan keterampilan belajar dan berinovasi abad ke-21 atau keterampilan 4C dan hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Data kesesuaian prototype dengan kebutuhan dikumpulkan dengan metode wawancara dan penyebaran angket, data validitas perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan lembar kuesioner, data kepraktisan perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan angket dan lembar pengamatan, dan data efektivitas perangkat pembelajaran berkaitan dengan keterampilan 4C dikumpulkan dengan tes esay (untuk berfikir kritis), lembar observasi (untuk komunikasi, kolaborasi, kreativitas) dan data tentang hasil belajar dikumpulkan dengan tes obyektif. Sebelum instrumen tersebut dipergunakan terlebih dahulu dilakukan validasi instrumen dengan menggunakan formula Gregory. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian adalah: (1) Prototype produk berupa perangkat pembelajaran yaitu RPP, bahan ajar, LKPD, media powerpoint, dan instrumen evaluasi sesuai dengan kebutuhan; (2) Validitas produk hasil pengembangan berada pada kategori sangat valid; (3) Kepraktisan perangkat pembelajaran hasil pengembanagan berada pada kategori praktis; dan (4) Hasil analisis MANOVA menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan keterampilan 4C dan hasil belajar IPA peserta didik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Pjbl Online, HOTS, 4Cs, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Ni Wayan Rati |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 06:13 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 06:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14088 |
Actions (login required)
View Item |