PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT! DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEJAKULA

Wismayana, I Made Wahyu Dwi (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT! DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051070-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051070-ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1515051070-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051070-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051070-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051070-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Terdapat permasalahan pada proses belajar mengajar di kelas X, pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, yaitu penggunaan media pembelajaran yang bersifat monoton, dan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Sehingga penilaian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Kahoot! berbasis website, dengan siswa tanpa menggunakan media pembelajaran Kahoot! pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Tejakula. (2) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media Kahoot! berasis website pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Psot Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tejakula Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa, dan siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji hoogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa terdapat hasil belajar yang lebih tinggi antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran Kahoot!,dibandingkan dengan siswa yang belajar tanpa media pembelajaran Kahoot! Pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Tejakula. Hasil analisis uji-t pada ranah kognitif memperoleh thitung sebesar 8,196083974 dan ttabel sebesar 2,290638629, pada ranah psikomotor memperoleh thitung sebesar 8,567157547 dan ttabel sebesar 2,290638629, dan pada ranah afektif memperoleh thitung sebesar 9,060054606 dan ttabel sebesar 2,290638629 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian diperoleh thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak. (2) respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran Kahoot! berbasis website pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sangat positif dilihat dari rata-rata skor hasil angket respon siswa yaitu 31.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kahoot!, Hasil Belajar, Respon Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Made Wahyu Dwi Wismayana
Date Deposited: 25 Feb 2020 13:54
Last Modified: 25 Feb 2020 13:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item