PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KODULAR MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOLABORASI GURU ORANG TUA PESERTA DIDIK (MPMBKGOP) PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

Adnyana, I Wayan Surya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KODULAR MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOLABORASI GURU ORANG TUA PESERTA DIDIK (MPMBKGOP) PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011029-COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011029-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011029-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelaykana media pembelajaran berbasis aplikasi Kodular mendukung MPMbKGOP untuk siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan model ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis (analisis), desain (desigen), pengembangan (develop), dan implementasi (implementation) evaluasi sumatif secara terbatas. Data evaluasi materi dan media dikumpulkan dengan instrumen evaluasi media yang diisi oleh ahli materi dan ahli media, data pemahaman konsep siswa dikumpulkan dengan tes yang diberikan kepada siswa setelah mencoba media yang dikembangkan serta untuk perkembangan karakter siswa dinilai dengan observasi berkala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak digunakan dari aspek materi dengan rata – rata skor ahli materi sebesar 4,9 dari maksimal skor 5,00, dan sangat layak digunakan dari aspek media dengan rata – rata skor dari ahli media sebesar 4,7 dari skor maksimal 5,00. Media pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik. Memiliki kebermanfaatan bagi guru dan siswa dengan rata – rata skor kepraktisan media pembelajaran berdasarkan analisis angket respon guru sebesar 4,3 dengan kriteria sangat tinggi dan analisis angket respon siswa sebesar 4,4 dengan kriteria sangat tinggi. Uji efektivitas memperoleh presentase ketuntasan siswa sebesar 88% diiringi dengan perkembangan karakter yang meningkat sebesar 23% dengan kreteria membudaya, sehinga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki efektivitas yang sangat baik dan efektif untuk diberikan kepada siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Aplikasi Berbasis Kodular, Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Wayan Surya Adnyana
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:29
Last Modified: 20 Feb 2023 02:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14169

Actions (login required)

View Item View Item