Andriani, Wiwik Dwi (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SMP PADA MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071043-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071043-ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
161307043-BAB 2 KAJIAN TOERI.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
161307043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071043-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian pre-test post-test nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kerek tahun ajaran 2020/2021 yang terbagi dalam delapan kelas dengan jumlah 250 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 64 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian sebanyak lima soal pada materi Objek IPA dan Pengamatannya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji ANCOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbeda secara signifikan dengan model pembelajaran direct instruction. Rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah IPA siswa pada kelas eksperimen adalah 77,83 (kategori cukup) dan kelas kontrol adalah 71,18 (kategori cukup) dengan keputusan uji LSD yaitu 6,719 lebih besar dari 4,01 pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan hasil penelitian yaitu kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Kata Kunci: Discovery Learning, Direct Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Discovery Learning, Direct Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | WIWIK DWI ANDRIANI |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14194 |
Actions (login required)
View Item |