Safira, Hilda (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MEMUDAHKAN PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041024-COVER.pdf Download (448kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041024-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041024-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041024-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam belajar biologi. E-LKPD berperan sebagai perangkat belajar yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemahaman dan kemandirian tersebut. LKPD yang disediakan pihak sekolah belum membantu kegiatan pembelajaran yan dilaksanakan secara daring dan luring (PTMT), LKPD yang disediakan juga belum membantu siswa dalam memahami konsep-konsep materi biologi yang bersifat abstrak dan kompleks secara mandiri, PTMT membuat guru kesulitan untuk memberikan materi kepada siswa dengan waktu dan keadaan yang terbatas serta pendidik masih mengalami kendala dalam menciptakan susana belajar yang aktif, partisipatif yang dapat mengembangkan individu atau siswa yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa E-LKPD Interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia; (2) mengetahui validias dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan berupa E-LKPD Interaktif pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Lee & Owens, 2004). Model pengembangan ADDIE meliputi tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Uji validitas dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Uji kepraktisan melibatkan 3 orang guru biologi dan seluruh siswa kelas XI MIPA dengan jumlah 31 orang siswa di sekolah MAN Buleleng. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rancang bangun yang disusun menghasilkan produk media pembelajaran berupa E-LKPD Interaktif yang valid dan praktis. Berdasarkan hasil data menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mampu membantu pemahaman dan kemandirian belajar siswa dan produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam mendukung pembelajaran sistem peredaran darah manusia kelas XI secara daring dan luring. Kata kunci: E-LKPD Interaktif, Sistem Peredaran Darah Manusia, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD Interaktif, Sistem Peredaran Darah Manusia, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Hilda Safira |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:52 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14282 |
Actions (login required)
View Item |