PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMK PUSAT KEUNGGULAN

Rosita Dewi, Putu Wia (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMK PUSAT KEUNGGULAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011047-COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011047-ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011047-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program SMK Pusat Keunggulan diharapkan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia kerja. Kegiatan pembelajaran di SMK Pusat Keunggulan harus merujuk pada 4 karakter belajar abad 21 yang biasanya dirumuskan dalam 4C yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Untuk mendukung dan menjamin tercapainya Program SMK Pusat Keunggulan, perlu dioptimalisasikan bahan ajar sebagai perangkat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul digital multimodak berbasis masalah kontekstual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Bali Mandara pada kelas X Teknik Otomotif. Format modul digital dikemas dalam bentuk link berupa flipbook dan di dalamnya memuat lembar aktivitas, video pembelajaran, media geogebra, evaluasi berupa quizizz. Karakteristik rancang bangun modul digital terdiri dari halaman sampul modul digital, halaman pembuka, halaman pengantar modul digital, halaman aktivitas (liveworksheets), halaman video pembelajaran, halaman materi, halaman refleksi, latihan soal, halaman daftar pustaka, dan halaman sampul penutup modul. Berdasarkan penilaian ahli, modul digital yang dikembangkan memperoleh skor valid dengan rata-rata skor 4,50, praktis 4,01, dan efektif 0,538. Dapat disimpulkan bahwa modul digital yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Multimodal, Masalah Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,SMK Pusat Keunggulan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Wia Rosita Dewi
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:18
Last Modified: 22 Feb 2023 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14325

Actions (login required)

View Item View Item