ANALISIS FENOMENA LEARNING LOSS PADA SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID-19

Teristonia, Ni Luh Pegy (2023) ANALISIS FENOMENA LEARNING LOSS PADA SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031037-COVER.pdf

Download (281kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031037-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031037-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena learning loss pada siswa sekolah dasar pasca pandemi covid-19 dan analisis kebutuhan yang diperlukan untuk mengatasi learning loss di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 382.257 siswa yang tersebar di 2.416 sekolah di seluruh Bali. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel akhir yaitu sebanyak 1.108 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menunjukkan bahwa 3 dimensi yang diteliti yaitu prestasi belajar dan intelektual siswa, psikologi dan psikososial, serta kensenjangan pada akses belajar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi learning loss di sekolah dasar pasca pandemi covid-19 berada pada kategori tinggi dan model phenomenon based learning dibutuhkan dalam pembelajaran untuk mengatasi learning loss. Penelitian ini diharapkan mampu mengatasi fenomena learning loss pada siswa sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan penyelenggaraan pendidikan di seluruh Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning loss, sekolah dasar, covid-19.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Pegy Teristonia
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:08
Last Modified: 22 Feb 2023 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item