Artawijaya, I Putu Eka (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pencak Silat Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011028-COVER.pdf Download (749kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011028-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011028-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar pencak silat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi/materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan praktisi lapangan. Subjek uji coba produk dari penelitian ini adalah uji coba perorangan oleh 3 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil oleh 9 orang peserta didik, dan uji coba kelompok besar oleh satu kelas yang terdiri dari 25 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dengan teknik analisis data adalah analisis deskripitf kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi produk didapatkan hasil persentase uji ahli isi/materi pembelajaran 92% berkualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran 98,18% berkualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran 98% berkualifikasi sangat baik, uji praktisi lapangan 94% berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan 94,67% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,67% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok besar 94,64% berkualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial materi teknik dasar pencak silat sangat layak digunakan untuk peserta didik kelas VII SMP sebagai sumber dan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video tutorial, Pencak Silat, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Putu Eka Artawijaya |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:02 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14387 |
Actions (login required)
View Item |