Suwandesi, Ni Made Asri (2023) IMPLEMENTING ENGLISH KIDS’ SONG MEDIA TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT AT SD NEGERI 1 SARI MEKAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021193-COVER.pdf Download (972kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021193-ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021193-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021193-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021193-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021193-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021193-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021193-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021193-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi kosakata siswa melalui media lagu anak-anak bahasa Inggris pada tahun ajaran pertama 2022/2023 di SD Negeri 1 Sari Mekar. Subyek penelitian ini terdiri dari 33 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, artinya peneliti bekerja sama dengan guru kelas V SD Negeri 1 Sari Mekar yang sebenarnya sebagai kolaborator dan pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari empat fase; merencanakan, bertindak, mengamati, dan merefleksi, seperti yang digambarkan oleh Kurt Lewin. Data untuk penelitian ini diperoleh melalui observasi, post-test, dan wawancara. Hasil observasi menunjukkan bahwa semua aspek checklist observasi terpenuhi dan sudah diselesaikan dengan baik oleh peneliti pada setiap pertemuan baik pada siklus I maupun siklus II. Peningkatan tersebut terlihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa dari 64 pada studi pendahuluan, 72 pada siklus I, menjadi 79 pada siklus II. Hasil wawancara menunjukkan bahwa semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan media lagu anak-anak bahasa Inggris untuk meningkatkan prestasi kosakata siswa dalam proses belajar mengajar. Selain itu, lagu anak-anak bahasa Inggris dapat menjadi media alternatif dalam belajar mengajar kosakata. Kesimpulannya, penerapan media lagu anak-anak bahasa Inggris pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sari Mekar tahun ajaran pertama 2022/2023 dapat meningkatkan prestasi kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Media Lagu Anak-Anak Bahasa Inggris, Prestasi Kosakata Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Asri Suwandesi |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 14:20 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 14:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14394 |
Actions (login required)
View Item |