Hapsari, Kadek Vonny Puji (2020) Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Siklus Belajar 5E pada Materi Tekanan Zat untuk Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513071018-COVER.pdf Download (893kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513071018-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513071018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513071018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513071018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513071018-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) karakteristik, (2)validitas, (3) kepraktisan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Siklus Belajar 5E pada Materi Tekanan Zat untuk Siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (four-D model). Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan namun pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap yaitu Define, Design dan Develop. Validasi produk melibatkan dua orang validasi ahli dari dosen Pendidikan IPA, melibatkan tiga orang guru sebagai praktisi dan uji coba lapangan melibatkan dua belas siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pupuan Tahun Ajaran 2018/2019. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik petunjuk praktikum IPA, data hasil valditas, tingkat keterbacaan dan tingkat kepraktisan produk. Karakteristik Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Siklus Belajar 5E adalah sebagai berikut. (1) Petunjuk Praktikum terdiri dari langkah-langkah pembelajaran Model Siklus Belajar 5E, (2) Materi digunakan dalam penelitian adalah Tekanan Zat di kelas VIII, (3) Petunjuk Praktikum yang disajikan dalam bentuk dokumen yang dilengkapi dengan cover, identitas pemilik, kata pengantar, tata tertib praktikum untuk siswa, pengenalan alat, daftar isi, kegiatan praktikum dan daftar pustaka. Petunjuk praktikum IPA yang dikembangkan oleh peneliti ditinjau dari aspek kevalidan dan keterbacaan secara berturut-turut memperoleh skor rata-rata 3,84 dan 3,6 dengan kriteria sangat valid dan sangat jelas. Hasil uji coba kelompok terbatas petunjuk praktikum IPA berbasis Model Siklus Belajar 5E pada materi Tekanan Zat yaitu 90,2% siswa merespon petunjuk praktikum IPA sangat praktis digunakan dan diterapkan pada kegiatan praktikum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Petunjuk Praktikum IPA, Model Siklus Belajar 5E, pembelajaran IPA, Tekanan Zat. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Kadek Vonny Puji Hapsari |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 02:31 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1440 |
Actions (login required)
View Item |