PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK BERLANDASKAN TEORI GINZBERG DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN EKSPLORASI KARIR SISWA SMP NEGERI 2 KEDIRI

Wati, Ni Wayan Devis (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK BERLANDASKAN TEORI GINZBERG DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN EKSPLORASI KARIR SISWA SMP NEGERI 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011023-COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011023-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011023-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). “Produk Yang dikembangkan adalah Buku Panduan Bimbingan Kelompok Berlandaskan Teori Ginzberg Dengan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir. Buku panduan ini dibuat untuk dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam melaksanakan layanan konseling di sekolah untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran modifikasi 4 – D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu sebagai berikut : (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan subjek 5 orang ahli dalam bimbingan konseling diantaranya adalah 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 2 Kediri untuk menguji validitas isi produk dan 15 orang guru Bimbingan Konseling untuk menguji keberterimaan produk. Untuk menguji keefektifitasan buku panduan, peneliti melibatkan 8 orang siswa sebagai subjek. Dari 22 butir instrument yang digunakan dalam penilaian oleh pakar/ahli, semua butir buku panduan memiliki validitas yang baik. Berdasarkan Penilaian tersebut didapatkan indeks validitas isi (CVI) buku panduan berkategori sangat Sesuai. Pada uji keberterimaan produk yang menggunakan analisis PAIT didapatkan mean persentil sebesar 98 yang berkategori A (Sangat Praktis) sehingga buku panduan layak digunakan. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Implementasi Buku Panduan Bimbingan Kelompok Berlandaskan Teori Ginzberg Dengan Teknik Permainan Simulasi Efektif Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa dengan thitung 12,979 dengan taraf Signifikansi 0,05 dan nilai ES= 4,588 yang berarti efek dari buku panduan untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa berkategori tinggi.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan Bimbingan Kelompok, Teori Ginzberg Teknik Permainan Simulasi, Eksplorasi Karir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Wayan Devis Wati
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:31
Last Modified: 22 Feb 2023 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item