Utami, Ni Luh Gede Febylia Putri (2023) THE EFFECT OF VOICETHREAD ON 8TH GRADE STUDENTS SPEAKING SKILLS AT SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021112-COVER.pdf Download (525kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021112-ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021112-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021112-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021112-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021112-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021112-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021112-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021112-LAMPIRAN.pdf Download (792kB) |
Abstract
Pengunaan technology memberikan banyak manfaat pada siswa dan guru dalam kemampuan berbahasa inggris. Salah satu teknologi yang dapat digunakan yaitu pengunaan ICT tools yang membantu guru dan siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam berbahasa inggris. VoiceThread adalah salah satu media dalam teknologi untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa pengunaan media dalam pembelajaran tetapi hanya sedikit yang meneliti tentang VoiceThread pada kemampuan berbicara siswa dalam proses pembelajaran khususnya di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh VoiceThread terhadap ketrampilan berbicara siswa kelas 8. Rancangan quasi eksperimen dengan metode campuran pendekatan post-test control group only dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel yang terdiri dari 32 siswa. Pemilihan kelas sebagai sampel dengan menggunakan one stage random sampling dengan system undian. Uji homogenitas dan normalitas dilakukan sebelum perlakuan. Pengumpulan data dilakukan melalui post-tes pada kelompok eksperimen dan control. Analisis data menggunakan analisis data inferesial dan analisis data deskriptif. Hasil data menunjukkan siswa eksperimen yang diajar dengan VoiceThread mencapai skor lebih baik daripada kelompok control. Skor dari kelompok eksperimen adalah 82.90 dan skor kelompok control adalah 79.12. Dalam perhitungan effect size menunjukkan penggunaan VoiceThread memberikan efek sedang terhadap ketrampilan berbicara siswa. Hasil wawancara menunjukkan VoiceThread memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketrampilan berbicara siswa dalam aspek fleksibilitas, kemudahan pengunaan, aktivitas pembelajaran yang berpusat pada siswa dan pengunaan yang efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VoiceThread, Ketrampilan berbicara, siswa EFL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Febylia Putri Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 14:01 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 14:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14470 |
Actions (login required)
View Item |