PENGEMBANGAN MEDIA INTERACTIVE BOARD GAME BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 BANYUNING

Artanti, I Dewa Ayu Nyoman (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERACTIVE BOARD GAME BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 BANYUNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031140-COVER .pdf

Download (671kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031140-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031140 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031140-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031140-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031140 -LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Phenomenon Based Learning yang dapat mengatasi permasalahan Learning loss pada siswa kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan pada penelitian ini yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian yaitu ahli, praktisi, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) media Interactive Board Game yang memuat materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. (2) analisis validitas media Interactive Board Game yang mendapatkan nilai rata-rata oleh ahli materi sebesar 95%, oleh ahli desain pembelajaran sebesar 92,50%, dan oleh ahli media pembelajaran sebesar 95,31%. Rata-rata persentase ketiga ahli tersebut sebesar 94,27% sehingga media dikategorikan sangat baik. (3) analisis kepraktisan dari aspek guru menunjukan nilai sebesar 93,75% sehingga dikategorikan sangat baik (4) analisis kepraktisan dari aspek siswa secara perorangan dan kelompok kecil sebesar 88,20% dan 87,73% sehingga dikategorikan baik. Serta (5) analisis efektivitas media melalui uji-t berkorelasi yang mendapatkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, sehingga media Interactive Board Game dinyatakan efektif untuk mengatasi learning loss.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media1. PhBL2. Learning Loss3. Game4.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Nyoman Artanti
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:03
Last Modified: 22 Feb 2023 08:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14498

Actions (login required)

View Item View Item