GRAMMATICAL ERRORS: AN ANALYSIS OF EDUCATION THEME THESIS WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS

Apriliyanti, Gusti Ayu Putu Paramita Apriliyanti (2023) GRAMMATICAL ERRORS: AN ANALYSIS OF EDUCATION THEME THESIS WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021189-COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021189-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021189_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021189-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021189-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021189-LAMPIRAN.pdf

Download (723kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menghitung jenis-jenis kesalahan tata bahasa serta mengetahui mengetahui sumber-sumber kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa S1 dalam penulisan skripsi. Objek penelitian ini adalah 10 tesis pendidikan. Metode sequential explanatory campuran dipilih sebagai desain penelitian. Dalam menganalisis data, teori Dulay, Burt, dan Krashen (1982) digunakan untuk menjelaskan jenis kesalahan dan teori Brown (2000) digunakan untuk menganalisis sumber kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 255 kesalahan yang ditemukan dalam tesis tentang pendidikan. Jenis error yang paling tinggi adalah omission dengan jumlah 123 error atau 48,2%, diikuti misformation dengan total 68 error atau 26,6%, addition dengan total 60 error atau 23,7%, dan yang terendah adalah misordering dengan total 4 kesalahan atau 1,5%. Kesalahan tersebut terjadi karena empat sumber yaitu transfer interlingual sebanyak 123 kali atau 48,2%, transfer intralingual sebanyak 122 kali atau 47,8%, konteks pembelajaran sebanyak 8 kali atau 3%, dan strategi komunikasi sebanyak 2 kali atau 1%. Kesimpulannya, kesalahan dalam menulis khususnya pada omissions perlu diperhatikan oleh mahasiswa pada saat melakukan proses menulis, hal ini dapat dilihat dari hasil yang ditemukan cukup signifikan dibandingkan dengan jenis lainnya Selain itu dosen dapat lebih banyak memberikan latihan menulis bagi mahasiswa dan menggunakan teknik pengajaran yang efektif sehingga kesalahan dapat diminimalkan atau bahkan tidak terulang kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kesalahan, Kesalahan Tata Bahasa, Sumber Kesalahan, Skripsi Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Putu Paramita Apriliyanti
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:21
Last Modified: 22 Feb 2023 06:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item View Item