PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN LINGKARAN BERORIENTASI SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII

Srinivasa, Putu Winy (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN LINGKARAN BERORIENTASI SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011011-COVER.pdf

Download (275kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011011-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011011-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan yang penting bagi siswa dalam menghadapi permasalahan di kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang diindikasikan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa adalah berlatih soal-soal yang berada pada ranah High Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Matematika berorientasi soal HOTS. E-Modul dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Notion dan materi lingkaran untuk kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta sebagai subjek penelitian. Metode pengembangan dilakukan dengan menggunakan tahap 4D model yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket validasi ahli, angket respon guru dan siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor rata-rata validasi ahli serta skor rata-rata angket respon guru dan siswa. Uji efektifitas produk dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest serta menghitung gain score untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. E-Modul yang dikembangkan dalam penelitian ini mempunyai karakteristik: a) Gambar yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran E-Modul menarik dengan beberapa latihan soal HOTS sehingga mampu mendorong peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, b) Masalah yang disajikan dalam E-Modul bersifat kontekstual sehingga mampu mendorong peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, c) Pertanyaan evaluasi E-Modul telah disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul berorientasi soal HOTS yang dikembangkan telah memiliki kualitas valid, praktis, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta. Hasil validasi dari 2 orang validator diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,03 yang berarti E-Modul berada pada kriteria valid. Berdasarkan angket respon guru dan siswa diperoleh nilai rata-rata 3,39 yang berada pada kriteria praktis dan 3,60 yang berada pada kriteria sangat praktis. Selanjutnya hasil dari gain score untuk tes kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh rata-rata 61,72 yang berada pada kategori efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Soal HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Putu Winy Srinivasa
Date Deposited: 23 Feb 2023 05:47
Last Modified: 23 Feb 2023 05:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14528

Actions (login required)

View Item View Item